Bayi anda sakit perut – Bagaimana menanganinya Pada Bayi

Tumbuh sehat dan cerdas bagi bayi adalah tugas dan tanggung jawab orangtua. Menyiapkan bayi yang tangguh dan kuat merupakan tugas yang tidak mudah. Kadang kala bayi mengalami sakit. Penyakit bayi antara lain tubuh bayi terasa panas, batuk pilek dan bayi sakit perut. Bayi sakit perut hampir setiap bayi pernah mengalaminya.

Bayi sakit perut dibutuhkan penanganan yang tepat. Penanganan yang tepat adalah dengan merawat bayi sakit perut agar tidak bertambah parah.

Orang tua harus memperhatikan tindakan bayi yang sakit perut. Orangtua merawat bayi sakit perut dengan mencari penyebab bayi sakit perut. Bila bayi sakit perut disertai diare orang tua tetap memberi asupan makanan. Bila bayi berusia 0 – 6 bulan tetap berikan ASI (air susu ibu) atau susu formula untuk bayi.

Sedangkan bila bayi berusia diatas 6 bulan selain ASI (air susu ibu) bayi juga tetap diberikan makanan pendamping asi. Bayi sakit perut dapat bermacam-macam penyebabnya. Penyakit bayi  ini, umumnya disebabkan karena makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuhnya. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, bayi yang diberi ASI (air susu ibu) lebih jarang terserang penyakit bayi dan gangguan pencernaan dibanding yang tidak diberi ASI (air susu ibu).

Bayi sakit perut dapat dilakukan perawatan di rumah saja. Dari tindakan bayi yang sakit perut kita dapat menyimpulkan apakah bayi sakit perut karena kembung atau karena sebab lain. Bila karena kembung, biasanya perut terlihat sedikit besar dan bila ditepuk bagian perutnya terdengar seperti terdapat angin di dalamnya.

Merawat bayi sakit perut seperti itu, dengan memijatnya secara halus pada bagian perut dan punggung. Pemijatan ringan diberi minyak telon atau minyak kayu putih. Gunanya agar peredaran darah bayi lebih lancar dan gerakan usus bayi lebih baik dan angin dapat keluar dari perut bayi.

Sedangkan bayi sakit perut disertai nyeri, ada yang disebabkan oleh kolik ada juga sebab lainnya. Bila orangtua merasa tidak mampu untuk menanganinya disarankan membawa bayinya ke dokter (puskesmas atau rumah sakit). Hal ini untuk mencegah keadaan yang lebih parah. Pada bayi sakit perut disertai nyeri mungkin salah satu tanda gastroenteritis (diare) akut.

Bila bayi sakit perut (diare) dengan disertai demam, penurunan nafsu makan, mual, dan muntah, hal tersebut harus diwaspadai. Jangan ditunda untuk membawanya ke puskesmas yang terdekat.

You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to “Bayi anda sakit perut – Bagaimana menanganinya Pada Bayi”

  1. [...] ada kalanya meskipun telah dirawat dengan baik, kadang timbul gangguan pada kulit kulit. Penyakit bayi yang biasa menyerang kulit adalah biang keringat, dan eksim pada [...]

  2. [...] yang dapat menyerang bayi bila daya tahan tubuhnya lemah. Penyakit bayi dapat berupa demam, bayi sakit perut, batuk, pilek atau nyeri pada bagian tubuh lainnya. Ada satu penyakit yang sering menyerang bayi, [...]

Leave a Reply